[Press Release LOKA KARYA]

      Tak ada komentar pada [Press Release LOKA KARYA]

Lokakarya dan Sekolah Profesional Muda – Pengurus Harian (SPM-PH)
Dewan Mahasiswa Fakultas Pertanian
Sebanyak 14 HMJ, BSI, DEMA Fakultas Pertanian mengikuti kegiatan Lokakarya yang diselenggarakan pada Sabtu (09/04) bertempat di KPTU Gedung A1 Fakultas Pertanian. Kegiatan Lokakarya merupakan kegiatan dalam bentuk presentasi program kerja masing-masing lembaga, baik DEMA, HMJ, dan BSI agar diketahui oleh KMFPN. Dipresentasikan pula tanggal program kerja yang bertujuan agar antar program kerja tidak dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Tidak menutup kemungkinan adanya inovasi penggabungan program kerja yang dinilai hampir sama sesuai dengan kesepakatan. Kegiatan ini berlangsung diawali dengan pemaparan presentasi pengenalan per masing masing HMJ, BSI dan DEMA yang selanjutnya acara lokakarya ini dilanjutkan dengan kegiatan diskusi sektoral sesuai dengan masing-masing bidangnya.
Pelaksanaan Lokakarya tahun ini sedikit berbeda, karena Lokakarya dilaksanakan bersamaan serangkaian dengan acara SPM-PH yang dilaksanakan keesokan harinya pada Minggu (10/04) bertempat di KPTU Gedung A1 Fakultas Pertanian. Sekolah Profesional Muda – Pengurus Harian merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada calon pengurus harian berupa materi yang di dapat dari pemateri yang ahli memang sudah dibidangnya sehingga diharapkan tercipta pengurus harian yang siap dalam mengelola lembaganya selama satu tahun kepengurusan. Kegiatan Lokakarya dan SPM-PH merupakan salah satu program kerja dari Direktur Jendral Pengembangan Sumber Daya Manusia DEMA Fakultas Pertanian. Direktorat Jenderal PSDM adalah Direktorat Jenderal yang berfungsi menyiapkan kader-kader mahasiswa yang memiliki wawasan ideologis, kompetensi kerja, karakter, integritas dan fungsi-fungsi lain seperti penguatan internal organisasi, kekeluargaan dan menjaga eksistensi organisasi dari segi perekrutan dan keberlanjutan organisasi.
Pemateri pertama pada SPM-PH mengenai Tanggung Jawab dan Manajemen Organisasi disampaikan oleh Alfiyatul Laeli (MWA UGM unsur Mahasiswa). “Dalam membangun suatu organisasi, rencanakanlah visi misi organisasi tersebut secara matang, karena jika diawal tidak melakukan rencana maka kalian sudah salah setengah langkah kemudian ketahuilah posisi kalian dalam organisasi dan kalian harus sadar untuk memanaje energi kalian untuk organisasi yang telah kalian pilih” ungkap Alfiyatul. Beliau juga memberikan motivasi untuk para pengurus harian “Kalian adalah matahari pagi, sinar kalian lebih terang dan lebih bermanfaat. Jangan terbayang akan masa lalu dan tetap semangat”. Pemateri kedua mengenai Mengembangkan Potensi dan Kepedulian Anggota, disampaikan oleh R.M. Bhismo S.K (Staff Ahli DEMA Faperta 2019). Bhismo menyampaikan beberapa pesan bagi para pengurus harian untuk bisa mengembangakan staffnya secara maksimal yaitu dengan sering mengajak bermain bersama staff. Untuk bisa membangun kerjasama yang baik dengan staff dalam organisasi diperlukan sifat saling mengenal satu sama lain, diharapkan dengan sering bermain bersama maka terjalin ikatan kekeluargaan dimana bisa memunculkan gagasan-gagasan baru yang lebih cemerlang. Pemateri ketiga disampaikan oleh Muhammad Atiatul Muqtadir (Presiden Mahasiswa BEM KM UGM) mengenai Membangun Sinergitas Antar Lembaga. Pentingnya adanya sinergi sebagai syarat untuk tujuan jangka panjang, agar saling memahami urgensi suatu organisasi dan yang menyatukan suatu organisasi adalah narasi bersama dan tujuan.
Kegiatan SPM-PH ini meliputi kegiatan pelantikan bagi seluruh pengurus harian baru dilaksanakan dengan beberapa kegiatan yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian. Diharapkan, dengan adanya pelantikan secara resmi ini pengurus harian dapat berkomitmen dengan tugas-tugas yang akan diembannya selama satu periode kepengurusan. Acara pelantikan di SPM-PH merupakan rangkaian acara penutup dengan pembacaan ikrar bersama sumpah jabatan yang dibersamai Dr. Rudi Hari Murti, S.P., M.P. dan penanda tanganan sumpah jabatan.

#DEMAFAPERTA2019
____________________________________
13/03/2019
Direktorat Jenderal Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
DEMA FAPERTA UGM 2019

Ig: @demafapertaugm
twitter: @demafapertaugm
Email: dema.faperta@ugm.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.